FPI Online - Ciamis, Hilal Merah Indonesia (HILMI) Ciamis. Banjir bandang yang terjadi pada hari Sabtu 31 Oktober 2020 menerjang ke pemukiman warga hingga menjebol dinding rumah warga Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 


Hujan deras yang turun mengguyur wilayah Cisaga dan sekitarnya membuat air meluap dan merendam satu rumah warga hingga rusak. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Cikaso di Kecamatan Banjaranyar, Selasa dini hari pukul 01.00 WIB.


Sejumlah rumah yang terendam berada di Desa Cikaso, Tanjungsari, Sindangrasa dan Cigayam. Keempat desa tersebut masuk Kecamatan Banjaranyar. Sementara tiga desa yang terdampak di Kecamatan Banjarsari yakni Desa Ciherang, Banjarsari dan Desa Sukasari.


Penyebab meluapnya sungai Cikaso emungkinan karena adanya penyumbatan di aliran sungai di tambah air dari proyek pembangunan perumahan yang tepat berada di belakang rumah. Kejadian hari ini air menjebol rumah warga di daerah Dusun Cisaga Kolot Rt 08 Rw 14 Desa Mekarmukti.


Mekarmukti adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cisaga. Desa ini berada di bagian selatan wilayah kecamatan. Sebelah timur langsung berbatasan dengan wilayah Kota Banjar, sebelah selatan dibatasi oleh Sungai Citanduy dan Daerah Kota Banjar. Batas sebelah barat dialiri Sungai Cimuntur dengan daerah desa Karangkamulyan Kecamatan Cijengjing Ciamis. Batas utaranya adalah Desa Cisaga.


Akibat turunnya Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis, satu rumah terkena terjangan luapan air sungai kecil yang sudah tidak bisa menampung air yang begitu deras sehingga akibatnya mampu menjebol dinding belakang rumah yang menghadap kearah sungai. Rumah Bapak Dede di Kampung Cisaga Kolot Desa Mekarmukti Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa barat. Sehingga air langsung masuk ke dalam rumah dan merendam semua permukaan rumah. Luapan air banjir tersebut juga meluap sampai ke jalan raya, tepatnya di Kampung Cisaga Kolot Desa Mekarmukti Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa barat.


Alhamdulillah pada hari Senin, 2 November 2020, didi beberapa titik lokasi telah berhasil dibersihkan. Giat Relawan DPW HILMI FPI Ciamis, Tim telah Selesai membersihkan rumah warga paska Banjir. Di Kampung Cisaga Kolot Desa Mekarmukti Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Relawan yang turun kelapangan berjumlah 18 orang. Tim Relawan yang turun kelapangan berasal dari DPC FPI Rancah, DPC FPI Banjaranyar, DPW HILMI FPI Kota Banjar Serta dari Komunitas Biker Subuhan Banjar Patroman.


Klik : Gallery Foto, HILMI FPI Bantu Bersihkan Rumah Warga Korban Banjir Di Kecamatan Cisaga


Narasumber: Kang Yogi Ketua DPW HILMI FPI Ciamis.

 

Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda