Oleh : Al Fagir Salim Bin Idrus Alatas
Ketua DPW FPI Kabupaten Bekasi

Saat As Sayyidil Habib Ali Al jufri memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang, pada tanggal 5 Desember 2019, Beliau menyampaikan pernyataan :

الذي يحرض مؤسسات الدولة، الوطنية، فهو مجرم، ولو لبس عمامة،

Yang kemudian di terjemahkan oleh sang penterjemah sebagai berikut :

" Yang memanas manasi terhadap yayasan negeri (negara), Institusi institusi pemerintahan, itu adalah pelaku kriminal, meskipun orang tadi pakai imamah. "

Apa yang disampaikan oleh Beliau menimbulkan banyak tanda tanya besar, diantaranya :

1. Beliau tidak menjabarkan secara rinci apa yang di maksud "  يحرض أساسة الدولة "..?

2. Apakah Orang / kelompok yang memprotes suatu kebijakan pemerintah dapat disejajarkan dengan " يحرض أساسة الدولة "...???

3. Bagaimana jika kita memprotes suatu kebijakan Pemerintah seperti PENGHAPUSAN MATERI JIHAD & KHILAFAH dalam pendidikan, apakah kita termasuk kedalam golongan " مجرمون " ..?

Dan masih banyak pertanyaan pertanyaan lainnya yang timbul dari pernyataan yang disampaikan oleh Beliau tersebut.

*Yang jelas, apa yang beliau sampaikan, menimbulkan penafsiran yang berbeda beda, hingga ada kelompok yang menggunakan pernyataan As Sayyidil Habib Ali jufri tersebut sebagai senjata untuk menyerang pihak pihak yang terkadang mengkritik beberapa kebijakan pemerintah.*

Pertanyaan selanjutnya ialah, lalu bagaimana seharusnya kita sebagai umat islam & sebagai warga negara ketika menyikapi Sikap & kebijakan zolim dari pemerintah...?

Bukan bermaksud membandingkan apa yang disampaikan oleh Beliau, tetapi fakta sejarah yang tidak bisa kita pungkiri menginformasikan kepada kita bahwasanya tidak jarang ulama terdahulu mengkritik suatu kebijakan penguasa yang pada akhirnya mereka " dikriminalisasi " oleh penguasa.

WALLAHU A'LAM BISSHOWAB.

*اللهُمَّ أَرِنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا التِبَاعَةَ وَأَرِنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا جْتِنَابَهُ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ*
Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda